Home » » Panduan Pelaksanaan OSN SMA 2018

Panduan Pelaksanaan OSN SMA 2018

Kegiatan Olimpiade Sains Nasional untuk Jenjang SMA akan segera di laksanakan, agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik tentunya Anda membutuhkan Panduan Pelaksanaan/ Juknis/ Juklak. Nah pada kesempatan artikel ini Admin Guru Kelas akan membagikannya secara lengkap untuk kegiatan OSN di Tahun 2018.  Pedoman pelaksanaan Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah panitia seleksi di Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, agar penyelenggaraan seleksi dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tujuan pelaksanaan OSN SMA adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya dan menjaring siswa calon peserta Olimpiade Sains tingkat Internasional. Kegiatan ini juga sekaligus dapat membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, serta menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman (sharing) antarsesama siswa sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Ada 9 (Sembilan) bidang keilmuan yang di lombakan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, astronomi, ekonomi, Kebumian, dan geografi.
Panduan Pelaksanaan OSN SMA 2018
 Baca juga : Silabus OSN SMA 2018

Juknis, Juklak dan Panduan Pelaksanaan OSN SMA Tahun 2018

Tujuan dilaksanakannya OSN di Tingkat SMA pada Tahun 2018 adalah untuk:
  1. Menumbuhkembangkan minat siswa terhadap bidang keilmuan yang diolimpiadekan.
  2. Menjaring siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  3. Menyeleksi calon peserta yang dapat diandalkan dan diharapkan oleh Kabupaten/Kota untuk mewakili daerahnya pada seleksi Tingkat Kabupaten/Kota sampai ke Tingkat Internasional.
Itulah yang dapat Admin sampaikan perihal sekilas isi dari Panduan OSN SMA 2018 selengkapnya mengenai hal tersebut dapat Anda baca dan simak pada Panduan Pelaksaannya dalam bentuk PDF melalui link download berikut ini.
Unduh File Panduan Pelaksanaan OSN SMA 2018 Pdf

Hasil yang di harapkan setelah Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional di tingkat SMA yaitu:
  1. Tumbuh dan berkembangnya minat/motivasi siswa dan guru terhadap bidang keilmuan yang diolimpiadekan.
  2. Terjaringnya peserta Olimpiade bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  3. Terseleksinya pemenang Olimpiade Tingkat Kabupaten/Kota untuk diikutsertakan ke Tingkat Provinsi dan terseleksinya pemenang Olimpiade Tingkat Provinsi untuk diikutsertakan ke Tingkat Nasional. Terseleksinya 30 siswa terbaik dari Tingkat Nasional yang akan dipersiapkan untuk mengikuti seleksi Tingkat Internasional. 
  4. Terbangunnya sikap kompetisi yang sportif pada peserta Olimpiade.
Demikian yang dapat Admin sampaikan semoga informasi mengenai kegiatan pelaksaan OSN SMA ini dapat memberikan manfaat.
Thanks for reading Panduan Pelaksanaan OSN SMA 2018

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment