Home » , , » Juknis BOS Madrasah Tahun 2018

Juknis BOS Madrasah Tahun 2018

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR  451 TAHUN 2018 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2018 tingkat MI, MTS dan MA. BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Menurut  PP 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan, biaya non personalia adalah biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tidak langsung berupa daya, air, jasa, telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dll. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. Secara detail jenis kegiatan yang boleh dibiayai dari dana BOS dibahas pada bagian penggunaan dana BOS.

JUKNIS ini merupakan acuan dalam pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2018. Maka dari itu pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan link download untuk Petunjuk Teknis BOS Madrasah MI MTs MA di akhir artikel ini dalam bentuk PDF secara lengkap.
Juknis BOS MI MTs MA Tahun 2018
Baca juga : Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MI (ARUMI) Tahun 2018 Semester 2
Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dimulai sejak bulan Juli 2005, telah berperan secara signifikan dalam percepatan pencapaian program Wajar Dikdas 9 tahun dan dilanjutkan PMU 12 Tahun. Oleh karena itu, mulai tahun 2009 pemerintah telah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOS, dari perluasan akses menuju peningkatan kualitas madrasah. 
Dalam perkembangannya, program BOS mengalami peningkatan biaya satuan dan mekanisme persyaratan penyaluran. Mekanisme penyaluran dana BOS pada madrasah negeri dan madrasah swasta mengalami perubahan, yaitu pada tahun 2016 untuk 500 MIN penyaluran dana BOS melalui DIPA Satker Kantor Kementerian Agama dan untuk MTsN dan MAN masih tetap melalui masing-masing DIPA madrasah dengan tersebar pada AKUN-AKUN kegiatan yang sesuai dengan perencanaan madrasah. Sedangkan untuk madrasah swasta langsung ke rekening madrasah dari KPPN melalui kontrak kerja dengan PPK dan kuitansi penerima yang ditandatangani oleh Kepala Madrasah. Pada tahun 2015 pemerintah telah melakukan penambahan biaya satuan dana BOS, dan pada tahun 2017 terjadi penambahan biaya satuan pada Madrasah Aliyah, ini merupakan bukti nyata pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam menjalankan amanat Undang-Undang.

Petunjuk Teknis BOS 2018 MI MTs MA (Madrasah)

Siswa madrasah penerima BOS adalah lembaga madrasah yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar pada pagi hari dan siswanya tidak terdaftar sebagai siswa SD, SMP, atau SMA. Bagi madrasah yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada sore hari, dapat menjadi sasaran program BOS setelah dilakukan verifikasi oleh Seksi Madrasah/TOS Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh madrasah, dihitung berdasarkan jumlah siswa dengan ketentuan: 
  1. Madrasah Ibtidaiyah (MI) : Rp. 800.000,-/siswa/tahun  
  2. Madrasah Tsanawiyah (MTs) : Rp. 1.000.000,-/siswa/tahun 
  3. Madrasah Aliyah (MA) : Rp. 1.400.000,-/siswa/tahun
Itulah yang dapat Admin sampaikan pada kesempatan ini, dan untuk lebih lengkap dan jelas perihal BOS Madrasah tahun 2018 Bapak dan Ibu dapat mendownload file selengkapnya pada link di bawah ini dalam format PDF.
Unduh File Petunjuk Teknis (JUKNIS) BOS MI MTs MA Tahun 2018

Demikian artikel ini Admin sampaikan, semoga isi dari Juknis BOS MI MTs MA ini dapat memberikan manfaat dalam berbagai kegiatan yang akan Anda laksanakan, seperti pembuatan laporan BOS di tahun 2018.
Thanks for reading Juknis BOS Madrasah Tahun 2018

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment