Home » , » JUKNIS OSN SD 2018 (Petunjuk Teknis)

JUKNIS OSN SD 2018 (Petunjuk Teknis)

Kegiatan Olimpiade sains 2018 untuk tingkat SD sebentar lagi akan di laksanakan. Petunjuk Teknispun sudah di luncurkan sebagai Pedoman pelaksaan OSN secara lengkap yang tentunnya akan membantu Bapak dan Ibu dalam mengetahui informasi secara rinci mengenai Pelaksaan kegiatan OSD SD di tahun 2018. seleksi akan di mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Sampai ke tingkat Nasional. Untuk perlombaan sudah tentu pada Mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Tema Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) Tahun 2018 adalah “Membangun generasi berkarakter, berkualitas, dan kompetitif”. Di artikel ini Admin secara lengkap akan membagikan link download file tersebut dalam bentuk pdf, berikut selengkapnya:
 PESERTA OSN-SD TINGKAT NASIONAL
  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Peserta adalah peserta didik SD/MI dan/atau yang sederajat baik Negeri maupun Swasta tingkat Sekolah Dasar yang telah lolos seleksi OSN-SD tingkat provinsi dan dibuktikan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya.
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.
  •  Jumlah peserta OSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik untuk Bidang Matematika dan 136 peserta didik untuk bidang IPA berdasarkan ketentuan sebagai berikut: Sejumlah 68 peserta didik berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik. Sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari ranking tertinggi provinsi. Sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 (dua) peserta didik dan maksimal 5 (lima) peserta didik untuk masing-masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.
Baca juga Surat OSN SD Tahun 2018
Prosedur Seleksi OSN SD Tahun 2018
Seleksi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.
Berikut Admin akan membahas seleksi untuk tingkat Kecamatan sebagai awal di laksankannya kegiatan tersebut:
Seleksi tingkat Kecamatan
  • Seleksi dilaksanakan oleh Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan.
  • Peserta seleksi tingkat kecamatan adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 12 tahun pada 31 Juli 2018 dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Memiliki kompetensi dibidang Matematika atau IPA;
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada OSN – SD tingkat nasional tahun sebelumnya
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu    pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya
  • Diusulkan oleh sekolah dan atau gugus SD di wilayahnya dengan suatu surat keputusan.
  • Seleksi tingkat kecamatan menentukan masing¬masing 3 (tiga) orang peserta didik tiap bidang (Matematika dan IPA) untuk dikirim pada seleksi OSN tingkat kabupaten/kota.
  • Membuat Surat Keputusan pemenang yang ditandatangani oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan dan    selanjutnya mengirimkan Surat Keputusan tersebut kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
Waktu pengerjaan untuk soal Matematika adalah 90 Menit, materi mulai dari kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya; Memuat soal Matematika berbahasa Inggris (maksimal 2 soal
a. Set 1 - Matematika: 20 soal isian singkat (IS)
b. Set 2 - Matematika: 5 soal uraian (UR)
Penilaian : Nilai total 100, yaitu;
a. Jumlah 20 IS x 3 poin = 60
b. Jumlah 5 UR x 8 poin = 40

Sedangkan untuk Ilmu Pengetahuan Alam IPA waktunya juga sama 90 menit, materi    IPA kelas IV, V, dan VI Memuat soal IPA berbahasa Inggris (maksimal 20% dari banyaknya soal)
Set IPA-1 : 40 soal pilihan ganda (PG)
Penilaian : Nilai total 100, yaitu : Jumlah 40 PG x 2,5 poin = 100

Itulah yang dapat Admin Guru kelas sampaikan sekilas perihal kegiatan OSN SD pada tahun 2018, selengkapnya mengenai informasi tersebut, Bapak dan Ibu dapat mendownload file pdfnya yang telah Admin sediakan di bawah ini:
Unduh  JUKNIS OSN SD 2018 (Petunjuk Teknis)
Thanks for reading JUKNIS OSN SD 2018 (Petunjuk Teknis)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment