Home » » LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja) 2017-2018

LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja) 2017-2018

LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja) 2017-2018
Kegiatan Program Pengembangan Kepropesian berkelajutan kini sudah mulai di laksakan. sebagian mungkin mengikuti kegiatan PKB dengan Bantuan Pemerintah atau di biayai sendiri ada BANTAH dan MANDIRI. Dalam kegiatan PKB anda di bagi menjadi 2 bagikan untuk Sekolah Dasar yaitu kelas Atas dan Bawah. Dalam kegiatan PKB nantinya Anda akan mengejakan LK (Lembar Kerja) sesuai dengan kelas yang Anda ikuti. Nah maka dari itu dalam upaya saling berbagi sebuah informasi dan file Tentang Pendidikan akan membagikan LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja) 2017-2018 sebagai sebuah Referensi atau Contoh dalam pengerjaannya/ jawaban yang benar di pertanyaan yang tersedia.

LK Lembar Kerja PKB Kelas Bawah SD 

Berikut sekilas gambaran dari salah satu LK kelas bawah pada kegiatan PKB Kelompok Kompetensi (KK) A Pedagogik Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik.
PetunjukKegiatan
1.    Bekerjalah dalam kelompok dan lakukanlah curah pendapat mengenai masalah pembelajaran yang melibatkan/ salah satu penyebabnya terkait aspek perkembangan peserta didik.
2.    Pilihlah satu kasus melalui musyawarah, diskusikan dalam kelompok secara bersungguh-sungguh, usulkan alternatif solusi yang tepat dan kreatif, serta presentasikan hasil kegiatan secara percaya diri dan kreatif.

Latihan/Kasus/Tugas
1.    Memahami tahapan dan  tugas perkembangan pesertadidik merupakan suatu hal sangat penting bagi seorang pendidik. Jelaskan apa manfaat bagi guru memahami tahapan dan tugas perkembangan peserta didik?
2.    Memahamikarakteristikkemampuandanperilakupesertadidikmerupakanhalyang sangatpentingbagiseorang guru, jelaskanimplikasinyaterhadappembelajaran?
3.    Pelajarikasusperkembanganpesertadidikberikutini, identifikasiindikator
masalahnya (fenomena/gejala yang terlihat), apamasalahnya, danusulkanalternatifsolusiuntukitu. Bekerjalahdalamkelompokdanpresentasikanhasilnya.
Bu Fatimah guru di kelas 1 SDN 1 Kota Tasikmalayasedangberupayauntukmengakomodasiperbedaanperkembanganpesertadidikasuhannya. Beberapadiantaranyamasihbelumbisamembacadanmenulis. Dari informasi yang dikumpulkandanhasilpengamatan, merekatumbuhdengandukunganorangtua yang terbataskarenasibukbekerjadanbelummemahamiartipendidikanbagi masa depananak-anak, sertamerekadatangdarikeluargaekonomilemahsehinggatidakmungkinmendatangkan guru les.
4.    Tentukanlahkasusperkembanganpesertadidik di kelasAnda, identifikasi
indikatormasalahdanmasalahnya, sertausulkanalternatifsolusinya.

Jawaban:
1. Pemahamanterhadaptahapanperkembanganmemberikaninformasi yang bergunadalammerencanakanpembelajaran yang sesuaidengantahapanperkembanganpesertadidik. Pemahamanterhadaptugasperkembanganakanmembantu guru dalammembimbingpesertadidikuntukmenguasaiketerampilandanpolaperilaku yang sesuaidengantugasperkembangannya.
 2. Interaksipendidikanberfungsiuntukmengembangkanseluruhpotensi, kecakapan, dankarakteristikpesertadidikdiantaranyayaitukarakteristikfisikmotorik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan spiritual. Pemahaman yang memadaiterhadappotensi, kecakapan, dankarakteristikpesertadidikakanberkontribusidalambentukperlakuan, tindakan-tindakan yang bijaksana, tepatsesuaikondisi, dansituasi. Pendidikakanmenyiapkandanmenyampaikanpelajaran (media, bahan ajar, metodepembelajaran), memberikantugas, latihandanbimbingandisesuaikandengankemampuandankarakteristikpesertadidik.
 3. Berikutadalahbeberapahal yang dapatdilakukan Bu Fatimah
 a. Saatperencanaan:
1) mendalamikonsepdancaramengembangkanaspek yang sedangdikembangkanataudibahas, misalnyakecakapanmajemuk;
2) konsultasikepadabeberapapihakseperti guru BK di SMP/SMA terdekat,
3) menyampaikanrencanadan program kepadakepalasekolah, sejawat, danorangtuapesertadidikasuhannyauntukmendapatkandukungan;
4) mengumpulkaninformasi yang relevansepertihasilpsikotes, prestasi, rapor, daninformasiterkaitdenganperilakulainnya;
5) mengumpulkaninformasidariorangtuatentanghal yang terkaitdenganaspek yang sedangdikembangkan, misalnyakegiatandankebiasaanpesertadidik di rumah, bagaimanamerekatumbuhberkembang, sertabagaimanapemahamandanupayaorangtuauntukmenumbuhkembangkanaspekkarakteristik yang sedangdibahas.  

 b. Saatpembelajaran, pesertadidik yang memilikikendala:
 1) diberiperhatianlebih, pendampingan guru lebihintensif;
2) memintateman yang lebihpandaidanpeduliuntukmembantu, ingatkanuntukmembantunyadengancara yang santun, guru perlumembericontohuntukitu;
3) memberibintangbagi yang dapatmenyelesaikantugas;
 4) selalumendoronguntukbelajarlebihgiatdanlebihbaik;
5) memperlihatkanmanfaatterampilmembacadanmenulis, diantaranyadenganmendongengcerita yang menarik (guru bisamemintasiswa yang sudahpandaimembacauntukmelakukannya), menulispesandalamkartupos (lebihbaikjikabuatansendiripadamatapelajaranprakarya) untuk orang-orang yang disayangimisalnyanenek,  5) selalumengingatkanuntukmencobaterusdanjangantakut salah karenaitubagiandaribelajar.
 c. Di luarpembelajaran guru dapat:
1) memberilatihanmembaca;
2) memberi PR latihanmembacadanmengeceknya di sekolah, mintalahseseorang di lingkunganrumahuntukmendampingisaatlatihanberlangsung;
3) memberi PR menulisdengantemadanmemberikantemadenganuraian yang lebihpanjang agar merekalebihbanyakberlatih;
4) PR menulissuratpendekdanmengirimkannyakepada orang-orang tersayang;
5) membuatpohon/album keluargadenganfotonyadanmenuliskannamadanpesan/apa yang ingindisampaikankepadamereka di dekatfotomasingmasing.
d. Bekerjasamadenganorangtua:
1) agar memintaseseorang di lingkunganrumah (keluargaatautetangga) untukmendampingisaatpesertadidikberlatihataumengerjakan PR;
2)melaporkanperkembanganketerampilanpesertadidikkepadaorangtuadanmemintauntukterusmendukungpesertadidik agar tetapgiatbelajar.

5.    Hasilidentifikasidanalternatifsolusitergantungdarikasus yang diangkatolehmasing
Kasus: anakseringtidakmengerjakan PR
Identifikasi: karenaorangtuatidakmautahukeadaansianak.
Solusi: guru memanggilorangtuadiberipengarahansupayamemperhatikananaknyadi dalambelajarnya, anakdiaktifkandalambelajarkelompok.
Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan untuk LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja), dan lebih lengkap mengenai hal tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap untuk setiap KK sesuai dengan yang saat ini Anda kerjakan dan butuhkan pada link di bawah ini.
Lembar Kerja IN KK-A PROFESIONAL 
Lembar Kerja IN KK-F PEDAGOGIK 
Lembar Kerja ON KK-A PEDAGOGIK 
Lembar Kerja ON KK-F PROFESIONAL
Thanks for reading LK PKB Kelas Bawah SD (Lembar Kerja) 2017-2018

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment