Home » » LK Laporan PKB Kelas Atas SD 2017-2018 Lembar Kerja OJL

LK Laporan PKB Kelas Atas SD 2017-2018 Lembar Kerja OJL

Contoh LK Laporan PKB Kelas Atas 2017-2018 Lembar Kerja OJL (ON The Job Learning) - Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70 telah di laksanakan di beberapa daerah dengan sistem BANTA (Bantuan Pemerintah) dan MANDIRI (Di biayai Sendiri) oleh peserta PKB. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (komunitas GTK).

Pemberdayaan komunitas GTK, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS)/Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), merupakan salah satu prioritas Ditjen GTK. Oleh karena itu dalam rangka pemberdayaan komunitas GTK, Ditjen GTK melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dalam hal ini Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (LPPPTK KPTK), serta Dinas Pendidikan atau instansi publik lainnya menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang berbasis komunitas GTK.

Mengingat penyelenggaraan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan membutuhkan biaya yang sangat besar, pelaksanaan program ini diharapkan tidak hanya didanai oleh anggaran pemerintah pusat, namun melibatkan juga anggaran pemerintah daerah, lembaga swasta/BUMN melalui Corporate Social Responsibility (CSR), serta pembiayaan mandiri dari peserta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam 3 (tiga) moda, yaitu (1) Tatap Muka; (2) Daring Murni (full online learning); dan (3) Daring Kombinasi (kombinasi daring dan tatap muka (blended learning).

Klasifikasi moda tersebut dilaksanakan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
1. Peta kompetensi guru berdasarkan hasil UKG
2. Jumlah guru yang sangat besar
3. Letak geografis dan distribusi guru diseluruh Indonesia
4. Ketersediaan koneksi internet
5. Tingkat literasi guru dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
6. Efisiensi biaya dan fleksibilitas pembelajaran
7. Adanya beberapa unsur mata pelajaran (misalnya pelajaran vokasi) yang sulit untuk disampaikan secara daring.

Partisipasi peserta dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini sangat penting karena dapat mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan. Melalui sumber belajar dalam berbagai bentuk dan referensi yang tersedia di sistem PKB, peserta dapat mengikuti pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan materi pembelajaran yang disajikan.

Lembar Kerja/ LK PKB SD Kelas Atas 2017

Dalam kegiatan PKB dengan Sistem BANTAH dan MADIRI setiap peserta di bagi menjadi beberap kelompok untuk bekerja sama dalam mengerjakan berbagai tugas. Tugas tersebut di antaranya dalam Laporan OJL PKB (On The Job Learning), Presentasi per kelompok, Lembar Kerja (LK) dan lainnya. Mengingat kegiatan PKB masih baru tentunya Bapak dan Ibu yang mengikutinya pun tentunya membutuhkan referensi dalam mengerjakan berbagai tugasnya. Maka dari itu Admin pada kesempatan tulisan artikel ini akan membagikan LK PKB untuk kelas ATAS dan BAWAH SD secara lengkap. Berikut gambarannya.
LK Laporan PKB Kelas Atas SD 2017-2018 Lembar Kerja OJL
LK 01: Analisis Kasus Perkembangan PesertaDidik
PetunjukKegiatan
1.   Bekerjalah dalam kelompok dan lakukanlah curah pendapat mengenai masalah pembelajaran yang melibatkan/  salah satu penyebabnya terkait aspek perkembangan peserta didik.
Jawaban:

MASALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIKBu yanti guru di kelas 1 SDN ................Kab. .......sedang  berupaya untuk mengakomodasi perbedaan perkembangan peserta didik asuhannya. Beberapa diantaranya masih belum bisa membaca dan menulis.
PENYEBAB
Dari informasi yang dikumpulkan dan hasil pengamatan, mereka tumbuh dengan dukungan orang tua yang terbatas karena sibuk bekerja dan belum memahami arti pendidikan bagi masa depan anak-anak, serta mereka datang dari keluarga ekonomi lemah sehingga tidak mungkin mendatangkan guru les. 

Itulah sekilas yang dapat Admin tulisakan pada artikel ini untuk lembar kerja PKB Kelas Atas SD Tahun 2017, dan untuk lebih lengkap mengenai LK tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownload filenya yang telah Admin sediakan pada link di bawah ini.
Download LK Laporan PKB Kelas Atas SD 2017-2018 Lembar Kerja OJL
Thanks for reading LK Laporan PKB Kelas Atas SD 2017-2018 Lembar Kerja OJL

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment