Latest News

JUKNIS KSM Tahun 2018

Petunjuk Teknis Pelaksanaan KSM 2018
Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah terutama dalam bidang sains, perlu menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah pada MI, MTs, MA maka dari itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis (JUKNIS) Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2018 yang merupakan panduan teknis bagi para pemangku kepentingan terkait pelaksanaan KSM. Dalam penyusunan soal KSM yang terintegrasi dengan ilmu keislaman meliputi:
1. Soal sains yang terintegrasi dengan keIslaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan dituangkan dalam soal yang ada dalam Al Qur’an;
2. Soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains ini dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keIslaman dengan sains yang holistic;
3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luarsana.
Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM 2018 mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, dan KSM Nasional.

Petunjuk Teknis Pelaksaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018 bertujuan untuk peningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah MI, MTs dan MA secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Secara khusus tujuan KSM tahun 2018 adalah sebagai berikut:
a. Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.
b. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.
c. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa Madrasah.
d. Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.
 Baca juga : Juknis BOS Madrasah Tahun 2018
 Berikut berbagai bidang yang akan di lombakan pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018.
Bidang yang di lombakan untuk jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah) yaitu:
  • Matematika Terintegrasi
  • Sains IPA Terintegrasi 
Bidang yang di lombakan untuk jenjang MTs (Madrasah Tsanawiyah) yaitu:
  • Matematika Terintegrasi
  • IPA Terpadu
  • IPS Terpadu Terintegrasi
Bidang yang di lombakan untuk jenjang MA (Madrasah Aliyah) yaitu:
  • Matematika TerintegrasiTerintegrasi
  • Biologi Terintegrasi
  • Fisika Terintegrasi
  • Kimia Terintegrasi
  • Ekonomi Terintegrasi
  • Geografi Terintegrasi
Waktu dan Tempat Pelaksaan KSM 2018 yaitu:
Berikut informasi mengenai jadwal pelaksaan kegiatan tersebut: KSM Satuan Pendidikan di laksanakan pada Bulan Maret-April 2018 bertempat oleh masing-masing KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota di laksanakan 12 mei 2018 di komite KSM Kabupaten/ kota bertempat di oleh masing-masing KSM Satuan Pendidikan, KSM Provinsi 25 Juli 2018, dan KSM Nasional pada 17-21 September 2018 di Bengkulu.

Demikian sekilas yang dapat Admin sampaikan, selengkapnya mengenai informasi KSM Tahun 2018 Bapak dan Ibu dapat menyimaknya pada Petunjuk Teknis dalam bentuk PDF pada link di bawah ini.
Unduh JUKNIS KSM Tahun 2018

Hasil Yang Diharapkan dari di laksanakan kegiatan KSM ini adalah sebagai berikut:
1. Berkembangnya bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains;
2. Siswa madrasah memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya;
3. Berkembangnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah;
4. Terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat Internasional;
5. Menghasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya.
Klik Share/ Bagikan sebelum Download

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    0 Response to "JUKNIS KSM Tahun 2018"