Latest News

JUKNIS/JUKLAK OPSI SMP 2018 (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia)

JUKNIS/JUKLAK OPSI SMP 2018 (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia)
Petunjuk Pelaksaan kegiatan / JUKLAK Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) pada kesempatan ini akan Admin bagikan secara lengkap sebagai bahan untuk persiapan dalam mengikuti kegiatan tersebut pada Tahun 2018. OPSI SMP merupakan suatu wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui pembinaan kegiatan penelitian sejak dini. Tahun 2018 kegiatan lomba penelitian tingkat nasional akan diselenggarakan serempak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

OPSI SMP 2018 merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs negeri dan swata atau yang sederajat yang dilaksanakan secara nasional. Sebelumnya, kegiatan ini pernah bernama Lomba Penelitan Ilmiah Remaja (LPIR) SMP, Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP) SMP dan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).

Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan output dan hasil OPSI dari tahun ke tahun, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Gerakan Literasi Sekolah terus mendorong sekolah untuk memperkuat budaya meneliti sekolah ataupun antar sekolah yang melibatkan guru pembimbing dan para pakar di bidang masing-masing.
Baca juga : Juknis OSN 2018 SMP
Direktorat Pembinaan SMP berusaha memberikan inovasi dalam setiap penyelenggaraan kegiatan baik akademis maupun non akdemis di setiap tahunnya. Kegiatan OPSI SMP ini akan mengalami inovasi dalam penyelenggaraan dengan mengacu pada kegiatan internasional yang diikuti oleh peraih medali LPSN SMP tahun 2017 pada Mexico Exposcience ataupun kegiatan kompetisi ilmiah remaja internasional (International Youth Science Competition) sebagai barometer potensi remaja Indonesia dalam bidang penelitian.

Tujuan OPSI SMP 2018 (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia)

Agar pelaksanaan OPSI SMP tahun 2018 terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan atau biasa di kenal dengan istilah Juknis yang dapat digunakan menjadi pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. Olehkarenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogram kegiatan OPSI SMP tahun 2018 yang dilaksanakan tidak melalui seleksi berjenjang, namun seleksi langsung ke Direktorat Pembinaan SMP. Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2018 ini tidak hanya berisi juknis pelaksanaan lomba OPSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya OPSI SMP tahun 2018 untuk diikuti oleh para siswa dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

Selengkapnya mengenai informasi kegiatan OPSI SMP/MTs ini dapat Bapak dan Ibu download file lengkapnya pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini untuk pelaksaan kegiatan di tahun 2018.
Link JUKNIS/JUKLAK OPSI SMP 2018 (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia)

Dengan adanya petunjuk pelaksaan kegiatan OPSI ini di harapkan memiliki hasi yang sangat baik bagi setiap Siswa dan Sekolah seperti terwujudnya suasana akademi yang kondusif di sekolah anta sekolah melalui peningkatan kreativitas, inovasi, inventasi yang tergabung dalam KIR sekolah dan KIR antar Sekolah. Terpilihnya sejumlah karya ilmiah terbaik hasil penelitain ilmiah remaja dari 3 bidang keilmuan IPS kemanusian dan seni, IPA dan lingkungan, Ilmu pengetahuan teknis dan rekayasa. Ada ruang silahturahmi antar finalis dan peneliti.
Klik Share/ Bagikan sebelum Download

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    0 Response to "JUKNIS/JUKLAK OPSI SMP 2018 (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia)"