Latest News

Buku Panduan Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Manual)

Download Buku Panduan Pengguna (Manual) Aplikasi Dapodik Versi 2018 merupakan yang terbaru hadir di tahun 2017 ini, yang siap di gunakan pada tahun pelajaran 2017/2018. Merupakan Installer sehingga untuk dapat menggunakannya Bapak dan Ibu harus mengunistal terlebih dahulu Aplikasi Dapodik sebelumnya, jadi bukan di perbaharui aplikasinya. Buku ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada operator dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan aplikasi Dapodik Versi 2018 secara mandiri di sekolah. Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi aplikasi Dapodik Versi 2018 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan kemudahan dalam memberikan informasi yang luas kepada operator tentang penggunaan aplikasi Dapodik Versi 2018 dalam bentuk panduan. Kami sadari bahwa buku ini masih belum sempurna, oleh karena itu, masukan dan saran dari semua pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2017/2018 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2018. Pembaruan pada versi 2018 hadir dengan tampilan warna pada menu login dan registrasi yang lebih segar. Secara sistem, pembaruan versi 2018 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodik versi 2018 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu didahului oleh proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya. Pembaruan yang paling menonjol adalah di relasional entitas data substansi pendidikan, dimana dikembangkan menu baru yaitu, menu Jadwal dan Ekstrakurikuler. Pembaruan yang lainnya ada pada menu sekolah, peserta didik, dan sarana. Deskripsi pembaruan akan dijelaskan di bab pembaruan aplikasi versi 2018. Menu Jadwal dan Ekstrakurikuler akan dijelaskan pada bab terpisah, agar pengguna mendapatkan penjelasan yang detail.

Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018

Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018 memiliki karakteristik tersendiri. Guna memudahkan pengguna di satuan pendidikan serta mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka telah disusun alur penggunaan Aplikasi Dapodik, seperti yang tampak pada halaman sebelumnya.

PERSIAPAN INSTALLASI
a. Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi aplikasi Dapodik Versi 2018, petugas pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan akun Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.
b. Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodik V. 2018 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2018, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
2) Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodik Versi 2018 seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.

Itulah yang dapat Admin gambarkan sekilas mengenai Buku Panduan Manual Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2018, dan untuk lebih lengkap dan jelas Admin telah menyediakan filenya secara lengkap yang dapat Bapak dan Ibu download secara lengkap pada link di bawah ini.

Download  Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2018

Klik Share/ Bagikan sebelum Download

Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    0 Response to "Buku Panduan Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Manual)"